Mengenal Cara Kerja Diferensial Gear Pada Mobil

Mengenal Cara Kerja Diferensial Gear Pada Mobil


    Mengenal Cara Kerja Diferensial Gear Pada Mobil - Diferensial dalam bahasa inggris differential gear, yaitu suatu piranti yang berfungsi memberikan perbedaan putaran (yang berlainan) antara kedua roda, dalam hal ini roda belakang.
    Diferensial ini terdiri atas sususnan roda roda gigi yang berbentuk kerucut (bevevl drive pinion). Roda - roda gigi khusus yang berbentuk roda gigi kerucut ini disebut juga cardan atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan gardan.
    Pada umumnnya konstruksi dasar dari diferensial adalah dua roda yang masisng - masing ujung poros dipasang dengan sebuah roda gigi kerucut. Kedua roda gigi kerucut ini disebut roda gigi samping (side gear), yang selanjutnya dihubungkan dengan dua roda gigi kerucut lain yang berukuran lebih kecil yang disebut roda gigi diferensial atau differential pinion sehingga keempat roda gigi tersebut saling berkaitan.
    Apabila kedua poros tersebut diputar dengan kecepatan putaran yang sama, amaka roda - roda gigi diferensial akan ikut terbawa bergerak bersama roda - roda gigi samping, tetapi tak akan berputar pada porosnya.
Cara kerja differensial
bacabrousur.blogspot.com

    Akan tetapi kalau salah satu dari kedua poros tersebut diputar dengan kecepaptan putaran yang berbeda, yaitu sedikit lambat atau bahkan diam sama sekali, maka akan mengakibatkan roda gigi tersebut tidak sekadar akan bergerak mengelilingi poros roda melainkan juga akan berputar terhadap sumbunya.

 Diferensial Gear
    Roda - roda gigi diferensial ditempatkan didalam sebuah keotak kecil yang berhubungan dengan sebuah roda gigi kerucut besar yang dapat diputar bebas pada salah satu porors roda (umumnya sebelah kiri) yang disebut roda gigi mahkota (crown wheel) atau disebut juga roda gigi cincin. Roda gigi mahkota ini kemudian dihubungka dengan roda gigi pinion yang dipasang pada roda gigi poros gardan.
    Dengan demikian poros roda gigi gardan dapat memutar roda roda belakang menurut putaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi jalanan. Jadi apabila mobil berjalan lurus, roda roda gigi diferensial tidak akan berputar pada porosnya, sehingga roda belakang mobil yang terletak disebelah luar dapat berputar lebih cepat.
    Adapun perbedaan kecepatan putaran roda - roda ini akan lebih besar apabila jalanan mempunyai tikungan yang lebih tajam. Jadi hal ini sangat bergantung pada kondisi belokan atau tikungan pada jalanan yang bersangkutan.
Differential terbagi menjadi dua bagian utama :
differential

1. Final gear
Yang terdiri dari drive pinion dan ring gear, dan berfungsi untuk memperbesar momen dan merubah arah putaran sebesar 90°.

2. Differential gear
Yang terdiri dari Side gear dan pinion gear, dan berfungsi untuk membedakan kecepatan putar roda kiri dan kanan saat membelok.



I.  FINAL GEAR

Saat ini final gear terdiri dari dua tipe :

1. Hypoid bevel gear
    Tipe ini digunakan pada kendaraan penggerak roda belakang, dimana drive pinion terpasang offset dengan garis tengah ring gear. Mempunyai keuntungan bunyi lebih halus.

2. Helical gear
Tipe ini digunakan pada kendaraan penggerak roda depan. Mempunyai keuntungan bunyi dan getaran lebih kecil dan momen dapat dipindahkan dengan lembut.




II. DIFFERENTIAL GEAR

       
Differential

    Saat kendaraan membelok, jarak tempuh roda bagian dalam (A) lebih kecil dari jarak tempuh roda bagian luar (B), dengan demikian roda bagian luar harus berputar lebih cepat dari roda bagian dalam. Bila roda-roda berputar dengan putaran yang sama, maka salah satu ban akan slip, yang akan menyebabkan ban akan cepat aus. Untuk mengatasi hal ini diperlukan diferential gear dengan tujuan membedakan putaran roda.

Prinsip Dasar Differential Gear

Bila kedua rack diberi beban yang sama, maka ketika shackle ditarik ke atas akan menyebabkan kedua rack akan terangkat pada jarak yang sama karena tahanan sama dan pinion gear tidak berputar.
DifferentialDifferential

Tetapi bila beban yang lebih besar diletakkan pada rack sebelah kiri dan shackle ditarik ke atas, maka pinion gear akan berputar sepanjang gerigi rack yang mendapat beban lebih berat disebabkan adanya perbedaan tahanan. Dan ini mengakibatkan rack yang mendapat beban lebih kecil akan terangkat.

  Cara Kerja Differential

  •   Jalan Lurus










 Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan dengan rpm yang sama karena tahanan roda kiri dan kanan sama, sehingga menyebabkan putaran roda
kiri dan kanan sama.

  •   Belok Kanan




Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkanpinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri mengitari side gear kanan karena tahanan roda kanan lebih besar, sehingga menyebabkan putaran roda kiri lebih besar dari roda kanan.

  • Belok Kiri










Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kanan mengitari side gear kiri karena tahanan roda kiri lebih besar, sehingga menyebabkan putaran roda kanan lebih besar dari roda kiri.

  • Salah Satu Roda Masuk Lumpur 
Saat salah satu roda masuk lumpur maka roda yang masuk lumpur tersebut mempunyai tahanan yang kecil, dan menyebabkan sulitnya mengeluarkan roda dari lumpur.

  PERHITUNGAN

A.Gear Ratio GR =   Jumlah gigi ring gear ; Jumlah gigi drive pinion

B.Jumlah Putaran Ring Gear Rpm ring gear  =  rpm side gear kanan + rpm side gear kiri   ; 2

Rpm ring gear  100,100,100,100
Rpm roda kiri 100,80,150,0
Rpm roda kanan 100,120,50,0
Total putaran roda kiri dan kanan 200,200,50,200

Sekian penjelasan tentang Differential gear semoga dapat bermanfaat

Sumber : Buku Pelajaran Sekolah

Posting Komentar untuk "Mengenal Cara Kerja Diferensial Gear Pada Mobil"